POLDA KALTIM Polres Penajam Paser Utara – Personil Polres Penajam Paser Utara Bersama dengan Kodim 0913 PPU , melakukan pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kab. Penajam Paser Utara.

Dalam rangka pesta demokrasi Pemilu 2019 personil Polres PPU siap siaga melakukan pengawalan berjalannya kegiatan tersebut salah satunya termasuk pada pengamanan kantor KPU ini.

Kapolres PPU AKBP Sabil Umar, S.IK mengatakan “personil sudah diberikan perintah untuk melakukan pengamanan dan pengawalan pada setiap kegiatan Pemilu 2019 seperti pengamanan di kantor KPU ini, dalam pengamanan tersebut juga akan dilakukan cek dan control oleh katim (ketua tim) guna mengantisipasi terjadinya gangguang kamtibmas,

Pengamanan di kantor KPU Kab. PPU pasca-pemungutan suara Pemilu serentak 17 April ditingkatkan. Pengamanan ditingkatkan dengan penambahan anggota polri yang melaksanakan pengamanan sesuai prosedur operasi standar.

“SOP-nya begitu setelah selesai pemilu. Karena ini kan kalau masuk di istilah polisi itu Obvit. Obyek vital yang harus dijaga keamanannya. Itu standar saja,” kata komisioner KPU di gedung KPU Kab.PPU.

Kapolres PPU Akbp Sabil Umar Sik , mengimbau tidak ada pelanggaran yang dilakukan pihak manapun. Diminta juga menggunakan jalur hukum yang sesuai bila memprotes hasil pemilu.

“Kita berharap imbauan elite politik, bahwa konstituen masing-masing untuk tetap tenang sambil menunggu hasil dari rekapitulasi KPU. Tidak melakukan tindakan kekerasan, di luar koridor hukum yang ada. Semoga itu didengar dan dipatuhi konstituen masing,” ujar Kapolres.

Pantauan di kantor KPU terdapat beberapa anggota polisi dan TNI yang berjaga, dipos Pam yang sudah ditempatkan .

Kapolres juga mengingatkan kepada jajarannya dalam pengamanan rekapitulasi di tingkat PPK. Sebab saat ini kedua kubu saling klaim menang,
“Mengingatkan agar tetap body sistem, serta standby pelakasanaan PAM di gudang logistik pemilu 2019 di PPK ataupun Di KPU Kab. PPU karena sudah adanya logistik yang bergeser dari PPK lain,” ujar Kapolres. (Hnd/Humas)