Polsek Waru – Polres PPU.
Keberhasilan jajaran Resintel Polsek Waru mengungkap kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkoba di wilayah hukum Kecamatan Waru Kab. PPU yang terjadi pada tanggal 12 Juni 2019 dini hari waktu setempat sebanyak 3 ( tiga ) TKP Tindak Pidana Narkotika jenis sabu-sabu berkat informasi masyarakat yang peduli terhadap upaya Kepolisian untuk memberantas peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara. Selasa 12/06/2019.

Dalam upaya penangkapan TP Narkoba tersebut telah berhasil di amankan 5 ( lima) orang tersangka pada 3 ( tiga ) TKP yang berbeda. Singkat kejadian pada hari Selasa tgl 11 Juni 2019 sekira jam 22.30 wita berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa salah satu rumah di Kelurahan Waru sekitar RT 20 sering diketahui warga sekitar ada beberapa orang yang dicurigai melakukan pesta narkoba, selanjutnya anggota Resintel Polsek waru melakukan gelar penyelidikan dan selanjutnya dilakukan pengintaian oleh petugas kepolisian yang menyamar dengan berpakaian preman, dari hasil pemantauan petugas Resintel berhasil membekuk sdr RS dan sdr AS yang diketahui telah melakukan pesta narkoba diruang dapur dalam sebuah rumah yang telah menjadi target operasi oleh petugas Resintel Polsek Waru.

Kemudian dari hasil introgasi pihak kepolisian tersebut didapat informasi bahwa Narkoba yang dikonsumsi para tersangka diperoleh dari sdr S yang berdomisili di jalan mata air desa Bangun Mulyo Kec Waru Kab PPU.

Tidak menunggu lama para petugas Resintel langsung bergerak menuju sasaran target operasi yang ke-2, dan saat diintai selanjutnya petugas melakukan penggeledahan di rumah sdr. S dengan didampingi dan disaksikan oleh ketua RT setempat, kemudian ditemukan 8 ( delapan ) poket Narkotika jenis sabu yang disimpan dalam 2 ( dua ) bungkus rokok jenis LA Bold warna hitam milik sdr S yg tersimpan dalam kantong saku celananya.

Dari hasil keterangan sdr. S selanjutnya Petugas Resintel memperoleh informasi bahwa Narkotika jenis sabu-sabu tersebut diperoleh sdr. S dengan cara membeli dari sdr. T yang tinggal tidak jauh dari rumah sdr. S, imbuhnya.

Tim taktis reaksi cepat jajaran Resintel Polsek Waru dengan sigap langsung mengembangkan informasi tersebut dan diperoleh inisial (TK) 42 th, tidak berselang lama jajaran Resintel bergerak dan menyebar menuju rumah target ke-3, setelah dilakukan pengintaian dan selanjutnya dilakukan penggeledahan dalam rumah sdr. TK tsb, didapati barang bukti antara lain 7 ( tujuh) paket narkotika yg dibungkus plastik dibalut dalam kotak bungkus kain sarung, dan 1( satu) buah sekop yg terbuat dari sedotan plastik, 1( satu) sekop yg terbuat dari kertas kartu Remi, 3 ( tiga) buah plastik pembungkus sabu,1( satu) buah hp merk xiomie, Sebuah buah kotak bungkus kain sarung, serta sejumlah uang tunai sebesar Rp.2.000.000 (dua juta rupiah).

 

Kapolsek Waru Iptu Singgih Supriyatmoko, SH, menuturkan bahwa tersangka dan barang bukti tersebut telah di amankan di Polsek Waru Polres PPU guna proses penyidikan lebih lanjut dan atas dasar perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh para tersangka tindak pidana penyalahgunaan Narkoba diwilayah hukum Polsek Waru, selajutnya para tersangka akan dijerat dengan pasal 114 ayat (1), sub 112 ayat (1), atau pasal 127 ayat (1), UU RI Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika atas perbuatannya tsb