POLDA KALTIM, Polres PPU – Sat Lantas Unit Pelayanan Satpas Polres PPU telah menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) pintar atau Smart Sim.

Melalui Kanit Regident Ipda Prasetyo Wiwoho mengatakan bahwa Smart SIM menyimpan cip dengan kapasitas yang sudah disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM.

Menurutnya ada beberapa keunggulan dalam Smart SIM yang desainnya diakui sangat berbeda dari SIM yang beredar di masyarakat saat ini, selain mampu menyimpan data pemilik SIM juga bisa merekam jenis pelanggaran lalu lintas pemegang SIM.

Menyimpan nama, alamat, tempat tanggal lahir ada di dalam. Bisa tertera di sana (dalam cip) apa saja pelanggaran yang dilakukan pengguna SIM atau oleh pengemudi.

“Tercatat secara otomatis, online dan real time serta juga kita bisa mengingatkan kepada pengemudi bahwa mereka para pengemudi telah melakukan pelanggaran-pelanggaran itu pada saat kita melakukan evaluasi,” ucap Ipda Prasetyo Wiwoho.

Di samping itu, kelebihan lain pada Smart SIM, yaitu bisa dijadikan alat pembayaran dengan jumlah saldo maksimal sebesar Rp 2.000.000 juta di dalam kartu, pihak Kepolisian menggandeng Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Lebih unggul lagi Smart SIM ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran. kartu elektronik dengan saldo maksimal Rp 2.000.000 juta kita bisa melakukan pembayaran apa saja, mulai toko online, tol, kereta api dll, yang mana kita sudah bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI)”. Tutup Ipda Prasetyo Wiwoho