Polda kaltim, polres Penajam Paser Utara– Guna memberikan jaminan keamanan bagi para jemaat yang merayakan Natal, Kepolisian Sektor Sepaku melaksanakan Patroli dan pengamanan di Gereja-gereja dan rumah ibadah yang ada diwilayah kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.

Yang mana sore ini Kamis(16/01/2020) pukul 16.00 wita kegiatan Perayaan Natal yang dilaksanakan oleh Ketua IKAT (Ikatan Keluarga Toraja) Kabupaten Penajam Paser Utara bertempat di Gedung Serbaguna Rimba Indah Kelurahan Maridan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegitan perayaan Natal ini dihadiri oleh Ketua IKAT dan Wakil Bupati Bapak H.Hamdam serta Wakapolres Penajam Paser Utara Kompol Budi Heryawan.dan perayaan tersebut Kapolpos Itci Polsek Sepaku Aiptu Supriadi bersama anggota beri pengamanan tersebut.

Kapolres Penajam Paser Utara AKBP M. Dharma Nugraha melalui Kapolsek Sepaku Iptu Musjaya mengatakan kegiatan perayaan Natal yang masih dilaksanakan oleh umat Kristen agar setiap wilayahnya yang masih ada kegiatan natal dilakukan patroli dan pengamanan agar kegiatan natal tersebut bisa berjalan dengan tertib dan kondusif serta aman.

Lebih lanjut, Iptu Musjaya mengatakan pihaknya memperketat pengamanan diseluruh Gereja dan rumah ibadah yang ditempati untuk ibadah natal diwilayah hukum Polsek Sepaku menyusul terjadinya aksi pengeboman gereja dewasa ini. Iptu Musjaya mengatakan Ia tak mau kecolongan sehingga Ia memerintahkan seluruh anggotanya untuk meningkatkan patroli maupun pengamanan disetiap gereja, terutama saat ini beberapa gereja telah melaksanakan perayaan Natal.

Dalam pelaksanaan pengamanan nantinya, Iptu Musjaya menegaskan bahwasannya pihaknya telah berkoordinasi dengan pengurus gereja maupun pemuda gereja bahwasannya ketika kegiatan dimulai pihak Kepolisian bersama dengan pemuda gereja akan melaksanakan pengamanan didepan pintu masuk Gereja. Sehingga dapat mengantisipasi orang tidak dikenal ataupun orang yang gerak-geriknya mencurigakan agar tidak memasuki wilayah Gereja.

Sementara itu Kapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha mengatakan bahwasannya Ia telah memerintah seluruh jajarannya baik di Polres maupun Polsek untuk melaksanakan pengamanan secara maksimal diseluruh gereja mengingat saat ini beberapa gereja telah melaksanakan perayaan Natal.

“Pengamanan dilaksanakan baik saat kegiatan perayaan Natal dimulai, maupun sebelum kegiatan dimulai dengan melakukan sterilisasi baik didalam maupun diluar Gereja”, tutup Kapolres PPU AKBP M. Dharma Nugraha.

(Ir)