Polda Kaltim, Polres PPU –  Personil TNI-Polri dalam hal ini Polsek Sepaku Polres Penajam Paser Utara dan Koramil Sepaku menggelar patroli gabungan di malam takbiran Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dengan Desa Tengin Baru menuju Desa Bumi Harapan Kecamatan Sepaku. Hal itu dilakukan untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap aman dan kondusif, seperti Kamis malam (30/07/2020).

” Patroli gabungan dengan menggunakan Mobil Patroli dalam rangka memantau situasi malam takbiran di Wilayah Kecamatan Sepaku,” kata Kapolsek Sepaku Iptu Musjaya.

Kapolres PPU AKBP M.Dharma Nugraha melalui Kapolsek Sepaku Iptu Musjaya mengatakan petugas gabungan sama sekali tidak menemukan masyarakat yang melakukan konvoi takbir keliling sesuai dengan anjuran pemerintah terkait penanganan Covid-19 atau virus corona.

Selain patroli gabungan tersebut untuk mengantisipasi takbiran keliling,Personil Polsek Sepaku yang dipimpin oleh Kanit Sabhara IPDA Sumarsono dan personil dari Koramil Sepaku patroli dipertokoan dan pasar tradisional serta masjid-masjid yang ada diwilayah kecematan sepaku.

“Sepaku nihil takbir keliling begitu juga di semua Perdesaan wilayah kecamatan Sepaku.Selain itu, kerumunan tidak ada yang skala besar,” ujar Iptu Musjaya.

Dalam patroli gabungan tersebut, Iptu Musjaya memastikan TNI-Polri menggunakan pendekatan preventif kepada masyarakat terkait dengan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah saat pandemi Covid-19.

“kami sambang ke Masjid – masjid yang melaksanakan Takbir serta menyapa warga masyarakat untuk sekadar beri imbauan untuk patuhi protokol kesehatan,” tutur Iptu Musjaya.

Menurutnya, patroli gabungan TNI-Polri sangat efektif untuk membuat masyarakat merasa aman dan nyaman di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Patroli gabungan TNI-Polri bersama segenap elemen masyarakat sangat efektif untuk menunjukkan bahwa negara hadir ditengah masyarakat, sekaligus cegah potensi kriminalitas,” pungkasnya.

(Ir)